Antara Peserta Euro 2016 dengan Jumlah Penduduk


Indonesia yang miskin prestasi sepakbola dengan jumlah penduduk lebih dari 200 ribu jiwa apakah sulit mencari hanya 11 pemain terbaik untuk urusan sepakbola? Pertanyaan yang cukup familiar di negeri ini yang telah bosan dengan presatasi sepakbola yang nihil. Banyak yang beranggapan prestasi sepakbola berbanding lurus dengan jumlah penduduk negara tersebut. Opini ini tetntu akan menghasilkan argumen-argumen yang bermacam-macam. Mulai dari yang logis sampai yang khayalan semata.

Saat ini Indonesia menempati urutan keempat dalam banyaknya jumlah penduduk. Diatasnya terdapat Tiongkok, India, dan Amerika Serikat yang juga pretasi sepakbolanya tidak terlalu mengesankan. Tapi jika begeser ke urutan lima kita dapat menemui Brazil yang telah mengoleksi trofi Piala Dunia sebanyak lima kali.

Jika kita melihat apa yang terjadi di Eropa pada pergelaran Euro 2016 bulan ini di Prancis. Tidak banyak negara yang punya penduduk sedikit dapat melangkahi Kualifikasi dan bermain pada perhelatan Euro 2016.


Meski pada 10 peringkat teratas semua negara berhasil lolos dari kualifikasi, tapi tidak banak juga negara yang jumlah penduduknya sedikit lolos ke Euro 2016. Islandia yang berada di peringkat 49 dapat mengalahkan negara-negara seperti Kazakstan dan Belanda (pada grup kualifikasi). Untuk Kazakstan yang dikalahkan Islandia mempunyai jumlah penduduk sekitar 17 juta jiwa yang artinya hampir lima puluh kali lipat jumlah penduduk Islandia.

Begitu juga dengan Irlandia, Irlandia Utara, Albania, dan Wales yang persentase penduduknya mencapai 0,0 sekian persen dari total penduduk dunia berhasil lolos pada putaran final Euro 2016. Pada akhirnya jumlah penduduk tidak ada pengaruhnya dengan prestasi sepakbola. Pembinaan dan perencanaan yang baik haruslah menjadi akar rumput masa depan sepakbola di sebuah negara. Karena sepakbola bukan hanya mendapatkan 11 pemain terbaik untuk sebuah kesebelasan. Diperlukan keseriusan pembinaan pemain muda yang terencana pada pelaku sepakbola.

Referensi : Panditfootball

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Syekh Nawawi Al-Bantani yang Berjuluk Sayyidul Ulama Al-Hijaz

Konfrontasi Politik dalam Pembebasan Irian Barat

Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai