Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai




Syekh Abdussamad Al Banjari merupakan ulama yang lahir di Marabahan pada tanggal 24 Dzulkaidah 1237 H. Beliau merupakan keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dengan silsilah Syekh Abdussamad bin Mufti Jamaluddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Sementara itu ibu beliau bernama Samayah binti Sumandi. Karena lahir di Marabahan beliau juga masyur dikenal oleh masyarakat dengan panggilan Datu Abdussamad Bakumpai atau Datu Bakumpai.

Saat usia beliau menginjak remaja Datu Abdussamad dibawah oleh orang tua beliau ke Martapura untuk menuntut ilmu agama. Di Martapura beliau berguru kepada beberapa ulama yang diantaranya ayah beliau sendiri dan juga paman-pamannya. Selang beberapa tahun menuntut ilmu agama di Martapura, Datu Abdussamad diperintahkan oleh ayahnya untuk pulang ke Marabahan dan mengajar kepada masyarakat setempat.

Tidak lama setelah sampai di Marabahan Datu Abdussamad menikahi wanita bernama Siti Adawiyah binti Duris yang berasal dari keluarga taat beragama. Dari pernikahan ini beliau dianugerahi tiga orang anak dan satu perempuan. Mereka bernama Zainal Abidin, Abdurrazak, Abu Thalhah, dan Siti Aisyah.

Untuk menghidupi keluarganya Datu Abdussamad berdagang kepada masyarakat sekitar sambil tetap mengajarkan ilmu-ilmu agama. Interaksi beliau kepada masyarakat sambil berdakwah membuat beliau dikenal sebagai seorang yang bijak di tengah masyarakat. Sebagian besar keuntungan dari berdagang tersebut ditabung oleh Datu Abdussamad dengan niat untuk menuntut ilmu ke tanah suci Mekkah.

Niat ini akhirnya terpenuhi, Datu Abdsussamad dan anak beliau yang bernama Abdurrazak pergi ke Mekkah. Sampai di Mekkah beliau menyempatkan untuk menunaikan rukun Islam kelima yaitu naik haji. Secara tidak sengaja Datu Abdussamad bertemu dengan kepnakan beliau yang bernama Syekh Jamaluddin bin Abdul Hamid Kusasi (Tuan Surgi Mufti) ketika menuntut ilmu di sana. Syekh Jamaluddin merupakan ulama yang juga keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Di Mekkah Syekh Jamaluddin lebih dulu tinggal daripada Datu Abdussamad selama 21 tahun.

Mengetahui keponakannya juga menuntut ilmu di sini Syekh Jamaluddin memberikan motivasi  kepada Datu Abdusamad agar jangan tanggung-tanggung menuntut ilmu. Haruslah diwarisi semangat Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari yang berpuluh-puluh tahun menuntut ilmu sebelum akhirnya pulang ke kampung halaman. Motivasi ini sangat menggugah hati Datu Abdussamad beliau pun berjanji akan sekuat tenaga menuntut ilmu agama di sini.

Datu Abdussamad berusaha keras untuk menguasai berbagai cabang ilmu agama, terutama di bidang syari’at dan ma’rifat. Beliau berguru kepada ulama-ulama terkenal pada masa itu. Diantara guru beliau adalah Syekh Sulaiman bin Muhammad Sumbawa yang merupakan murid dari Mufti Besar Syekh Muhammad Saleh Rais  Asy-Syafii. Dari Syekh Sulaiman bin Muhammad Sumbawa ini Datu Abdussamad diberikan ijazah tarekat Syadziliyah.

Datu Abdussamad juga berguru kepada Syekh Sulaiman Al Zuhdi An Naqsyabandi dan Syekh Ahmad Khatib as-Sambasi. Keinginan Datu Abdussamad untuk menuntut ilmu masih membara namun beliau diminta untuk kembali ke kampung halamannya.  Terhitung beliau menuntut ilmu di Mekkah selama 8-9 tahun.

Beliau menyempatkan diri untuk menemui Syekh Jamaluddin untuk pamit pulang dari Mekkah. Syekh Jamaluddin terkejut atas keputusan Datu Abdussamad tersebut. “Bagaimana ini paman? Baru beberapa tahun menuntut ilmu sudah mau pulang? Saya sudah 30 tahun di sini, masih merasa belum cukup ilmu yang dimiliki, dan belum apa-apa. Karena itulah tidak pernah terpikir untuk berniat pulang ke tanah air.” kata Syekh Jamaluddin.

Datu Abdusamad menjelaskan bahwa keputusannya untuk kembali ke kampung halaman merupakan perintah dari guru beliau. Terjadi dialog panjang antara dua ulama keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari ini. Mereka berdialog tentang berbagai macam ilmu pengetahuan sekaligus bermudzakarah. Dialog tidak hanya mencakup ilmu lahiriyah seperti syariah saja juga meliputi ilmu hakikat dan ma’rifat.

Sampai ketika Datu Abdussamad membuktikan bahwa beliau telah mampu menghimpun ilmu syariat dan ma’rifat. Ketika itu Datu Abdussamad mendirikan shalat sunat dua rakaat. Belum selesai satu rakaat beliau lenyap dari pandangan yang disaksikan oleh Syekh Jamaluddin. Beliau menengok kesana kemari untuk mencari Datu Abdussamad namun tidak ditemui oleh beliau.

Jasad Datu Abdussamad kembali terlihat persis sebelum salam terakhir dalam shalat sunat tersebut. Melihat kejadian ini Syekh Jamaluddin sontak berkata, “Pulanglah paman ke negeri Banjar, saya belum sanggup mencapai apa yang telah paman miliki sekarang. Dan saya tidak akan pulang ke tanah Jawi sebelum memperoleh apa yang telah dicapai paman.” Konon dikisahkan bahwa Syekh Jamaluddin ini menuntut ilmu selama kurang lebih 40 tahun di Mekkah.

Sampai di kampung halamannya, Datu Abdussamad mulai mengajar kepada masyarakat sekitar. Rumah beliau ramai didatangi oleh para penuntut ilmu. Setiap kali bulan Ramadhan tiba beliau sering didatangi oleh para alim ulama dari Martapura, Banjarmasin, Hulu Sungai dan daerah lainnya untuk dibimbing secara langsung oleh beliau dalam ilmu tarekat. Tempat latihan rohani yang kerap dipakai ini berupa balai yang selalu digunakan pada setiap haul beliau.

Dakwah beliau juga menyentuh daerah udik anak Sungai Barito. Atas dakwah Datu Abdussamad inilah banyak masyarakat Dayak di pedalaman memeluk Islam. Perjuangan dakwah beliau akhirnya terhenti pada 13 Shafar 1317 H, beliau wafat dihadapan sanak famili. Ketika itu juga hadir Al Alimul Fadhil Abbas dari Kandangan dan Al Alimul Fadhil Hadar dari Kelua.

Datu Abdussamad dimakamkan di tempat yang sering beliau gunkan untuk mengajar dan membimbing masyarakat sekitar. Di tempat ini juga Datu Abdussamad membimbing para muridnya yang berkhalwat bersama beliau.

Sumber:   Ulama Banjar Dari Masa ke Masa terbitan Antasari Press

Comments

Popular posts from this blog

Syekh Nawawi Al-Bantani yang Berjuluk Sayyidul Ulama Al-Hijaz

Konfrontasi Politik dalam Pembebasan Irian Barat