Fitur Terbaru iOS 10 dan Penantian Timnas di AFF 2016


Di ajang WWDC (World Wide Developer Conference) Apple secara resmi meperkenalkan iOS 10 yang merupakan penerus dari iOS 9. Ini merupakan perangkat mobile paling mutakhir besutan Apple dengan berbagai fitu baru yang ditawarkan. Seperti yang dilansir oleh Telegraph , Senin (13/6) ada beberapa fitur baru yang disematkan di iOS 10.



Sistem operasi ini tersedia pada perangkat iPhone (minimal iPhone 5), iPad (minimal iPad 4), iPad mini (minimal iPad 2), dan iPod Touch (mnimal iPod Touch 6) secara gratis mulai bulan September 2016 nanti. Tapi untuk versi beta telah tersedia hari juga dengan nama iOS 10 beta 1.

----

Sistem operasi Apple terbaru menjanjikan perubahan yang menonjol. Hal ini tentu menjadi penantian panjang bagi penggemar gadget di seluruh dunia. Namun penantian tersebut tidak apa-apanya jika barang yang dikehendak sudah di tangan.

Mengambil kisah di atas, masih teringat ketika Timnas Indonesia mangkir dari pergaulan sepakbola Internasional karena sanksi FIFA. Hl itu mengakibatkan Indonesia tidak mengikuti Kualifikasi Pra-Piala Dunia 2018 gagal menjadi tuan rumah piala AFF U-16 dan U- 19. Tidak hanya itu ranking FIFA Indonesia juga ikut anjlok. Tercata pada bulan Juni Ranking FIFA Indonesia berada di urutan 187. Jika dilihat sempit dengan membandingkan dengan negara-negara di Asia Trnggara Indonesia berada di bawah Kamboja (184), Timor Leste (177), dan Laos (174). Tentu negara-negara itu seecara sejarah tidak lebih baik ketimbang timnas kita. Tapi apa mau dikata, polemik sepakbola Indonesia selama setahun terakhir berimbas pada eksistensi timnas di mata dunia.

Namun ketika bulan Mei 2016 tadi, kita dapat sedikit bernafas lega. Pada kongres FIFA Mexico City, sanksi kepada Indonesia resmi dicabut. Ini merupakan penantian yang panjang. Selama kurang lebih dalam setahun kita hanya bisa melongo melihat pemberitaan perseteruan PSSI dan KEMENPORA. Ini menjadi obat untuk para pendukung setia Timnas.

Dan event terdekat yang dihadapi Timnas adalah Piala AFF 2015 yang akan diselenggarakan di Myanmar dan Filipina bulan November-Desember nanti. Secara resmi PSSI menunjuk Alfred Riedl sebagai pelatih timnas pada ajang nanti. Selama kurang lebih setahun tidak melihat timnas beratnding bukan hal yang sebentar. Jadi pantaslah pada ajang ini menjadi penyejuk dahaga bagi rakyat Indonesia.

Dan pada piala AFF nanti bisakah timnas menampilkan "fitur-fitur" terbarunya seperti halnya iOS 10 di atas. Dan juga tentu kita mengharapkan perubahan yang signifikan pada pengurusan PSSI seperti terobosan perubahan yang di haturkan Apple pada iOS 10.

Comments

Popular posts from this blog

Syekh Nawawi Al-Bantani yang Berjuluk Sayyidul Ulama Al-Hijaz

Konfrontasi Politik dalam Pembebasan Irian Barat

Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai