Kota Dubai disabda Rasulullah SAW

"Dan bila engkau menyaksikan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, tidak berpakaian, fakir, dan penggembala kambing, (kemudian) berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi" (HR. Muslim)
Itulah sedikit ucapan Rasulullah SAW yang patut kita renungkan. Hidup terus mengalir detik demi detik. Mungkin saja hari ini fakir namun besok menjadi milyuner. Semua ada waktunya. Dan ketika sudah waktunya barulah kita tersadar sudah banyak waktu yang kita buang.

Di hadits lain Ibnu Abbas betanya kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, dan siapakah para penggembala, orang yang tidak memakai sandal, dalam keadaan lapar dan miskin itu?" Beliau menjawab, "Orang Arab." (Musnad Ahmad, IV/332-334, no. 2926). Hadits ini merupakan keterangan lanjuan dari hadits di paling awal di atas.

Dubai merupakan salah satu emirat di negara Uni Emirat Arab (UAE) dari tujuh emirat yang ada di negara tersebut. Dubai terletak di sepanjang pantai Teluk Arab yang dipimpin oleh keluarga al-Maktoum sejak tahun 1883. Sekarang Dubai dipimpin oleh Mohammed bin Rashid al-Maktoum yang juga menjabat Perdana Menteri serta Wakil Presiden UAE.

Pernah suatu ketika Syaikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum diwawancarai oleh BBC. Ia menunjukkan rumah ayahnya dan ibunya tinggal. Dan ketika ia lahir belum ada listrik dan air. Ini menjukkan bahwa Dubai sebelum menjadi kota metropolis adalah kota yang mungkin gelap dan sulit mendapatkan air. Meskipun minyak sudah ditemukan di Dubai tahun 1966, hanya ada satu hotel berkelas di sana. Tapi sekarang sulit rasanya menemukan hotel yang tidak berbintang lima di Dubai. Bahkan hotel berbintang tujuhpun dapat ditemkan di kota ini.



Dubai sekarang dapat kita representasikan dengan kata mewah, berkelas, dan kaya. Bagaimana tidak, di kota ini banyak sekali gedung-gedung pencakar langit. Dapat disebutkan diantaranya:
    • Burj Khalifa merupakan bangunan tertinggi di dunia dengan 818 m. Di dalamnya terdapat 30.000 rumah dan 9 hotel mewah
    • Sepuluh hotel tertinggi di dunia 7 diantarannya terdapat di Dubai
    • Dubai Mall adalah Shopping Mall terbesar di dunia. Dengan luas 50 kali dari lapangan sepakbola ,mall ini dapat 1.200 toko. Di dalamnya juga terdapat akuarium terbesar di dunia dengan isi lebih dari 30.000 hewan laut
    • al-Maktoum Internasional Airport merupakan bandara terluas ke tiga di dunia

Masih  banyak kemewahan di kota ini. Salah satunya adalah pulau buatan membentuk peta dunia yang terdapat 300 pulau. Tidak hanya itu, jika anda berpikir orang arab identik dengan onta sebagai kendaraannya, di sini anda dengan mudah melihat melihat mobil-mobil sport lalu lalang. Bahkan mobil berlapi emas dan perak pun ada. Sampai-sampai polisi di Dubai dengan nyamannya dapat mengendarai Lamborgini, Ferarri, dan Aston Martin sebagai kendaraan tugas mereka.

Cobalah renungkan sabda Rasulullah SAW. Benar apa yang dikatakan beliau itu menujukkan mukjizat beliau. Dan beliau juga mengabarkan akan turunnya Nabi Isa a.s, keluarnya Dajjal, Ya'juj dan Ma'juj, ini pun pasti terjadi. Orang yang hidup pada zamannya akan menjadi saksinya kelak.

Comments

Popular posts from this blog

Syekh Nawawi Al-Bantani yang Berjuluk Sayyidul Ulama Al-Hijaz

Konfrontasi Politik dalam Pembebasan Irian Barat

Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai