Legenda Kraken dari Norwegia


Lautan menyimpan sejuta misteri. Dengan luas sekitar 71% dari bumi ini, lautan berpotensi memiliki sejuta kisah.. Salah satu cerita yang terkenal dari Norwegia yaitu 'Sang penguasa Lautan', Kraken..



Cerita ini terus ,menjalar dari mulut ke mulut pelaut Norwegia selama ribuan tahun. Penyebutan Kraken pertama kali diungkapkan oleh Carolus Linneus di Systema Nature tahun 1735. Diceritakan di sana bahwa Kraken merupakan makhluk yang sangat besar yang hidup di daerah perairan utara Norwegia.

Legenda ini kembali mencuat ke permukaan pada tahun 1752. Ialah seorang Uskup dai Bergen, Erik Ludvigsen menulis sebuah buku yang berjudul The Natural history of Norway. Di sini diceritakan bahwa Kraken memiliki lengan yang banyak dan sebuah penghisap yang kuat sehingga dapat menelan kapal. Ia juga menceritakan bahwa Kraken memiliki panjang 20 meter dengan kepala sebesar 5 meter dan mata yang besarnya satu piring makan.

Memang awalnya cerita ini hanya tersebar dari mulut-kemulut pelaut Norwegia. Masyarakat yang mendengar cerita ini kurang percaya bahkan dianggap hanya cerita nyeleneh. Bahkan mereka berpendapat bahwa pelaut sedang mabuk sehingga dapat membuat cerita yang tidak masuk akal.

Hingga ada rasa terpanggil dari para ilmuwan untuk meneliti lebih jauh tentang makhluk ini. Hingga mereka mendapati sebuah kesimpulan bahwa mungkin Kraken yang dimaksud pelaut norwegia itu mungkin Cumi-cumi Besar (Giant Squid/Architeuthis Dux). Karena hanya hewan ini yang mendekati besar ukuran yang diceritakan oleh pelaut Norwegia.

Sebuah cumi-cumi raksasa yang pernah ditemukan ialah sebesar 25 kaki. Perlu diketahui banyak sekali kisah tentang monster-monster di bawah laut. Pernah suatu ketika pelaut menabrak sesuatu yang aneh. Iapun melemparkan sebuah pengait besi ke lautan tersebut. Betapa terkecutbya ia ketika sebuah tentakel besar muncul. Iapun sangat kaget dan tentunya ketakutan. Cerita pernah ini dipublikasikan koran Kanada tahun 1955.

Dunia begitu luas bagi makhluk seperti kita tapi tidak bagi Yang Di Atas. Cerita di atas hanya sedikit betapa kecilnya eksistensi kita di dunia ini. Di baru di bumi, mungkin di luar sana masih banyak misteri-misteri yang tentunya dapat membuat kita berdecak kagum.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Syekh Nawawi Al-Bantani yang Berjuluk Sayyidul Ulama Al-Hijaz

Konfrontasi Politik dalam Pembebasan Irian Barat

Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai