Mengenal Melanesia


Melanesia merupakan sub regional Oceania yang memanjang dari ujung barat Samudra Pasifik ke Laut Arafura, dan ke timur ke Fiji. Wilayah ini mencakup beberapa negara diantaranya,
Vanuatu, Kepulauan Solomon, Fiji, dan Papua New Guinea. Melanesia juga mencakup wilayah dari negara  Kaledonia Baru, kolektivitas khusus dari Perancis. Papua Barat, mencakup dua provinsi di Indonesia, Papua dan Provinsi Papua Barat. Kepulauan Maluku, bagian dari kepulauan Indonesia.


Nama Melanesia pertama kali digunakan oleh Jules Dumont d'Urville pada 1832. Penamaan ini digunakan untuk membedakan kelompok etnis dan geografi dari Mikronesia dan Polinesia. Bahasa yang tersebar di wilayah Melanesia merupakan anggota dari keluarga bahasa Austronesia dan Papua. 

Nama pulau-pulau di wilayah ini cukup membingungkan. Ada beberapa nama pulau yang berasal dari nama asali dan pemberian dari negara Eropa. Juga nama-nama unit politik berubah dari waktu ke waktu. dan dihubungkan dengan mencamtumkan istilah gegografis. Pulau Makira misalnya, nama ini merupakan pemberian dari penjelajah Spanyol. Pulau ini merupakan bagian dari negara Kepulauan Solomon.

Berikut negara-negara yang merupakan bagian dari Melanesia. 


1. Republik Fiji 

    Ibu Kota : Suva
    Bahasa Resmi : Inggris, Fiji, Hindi Fiji
    Mata Uang : Dollar Fiji



2. Papua Nugini
   
Ibu Kota : Port Moresby

    Bahasa Resmi : Inggris, Tok Pisin, Hiri Motu
    Mata Uang :  Kina






3. Kepulauan Solomon

    Ibu Kota : Honiara
    Bahasa Resmi : Inggris
    Mata Uang : Solomon Islands Dollar


4. Vanuatu
   
Ibu Kota : Port Vila

    Bahasa Resmi : Bislama, Prancis, Inggris
    Mata Uang : Vanuatu Vatu




Beberapa negara Melanesia merupakan bagian dari Commonwealth of Nations. Adapun Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Vanuatu juga merupakan anggota Melanesian Spearhead Group.

Comments

Popular posts from this blog

Syekh Nawawi Al-Bantani yang Berjuluk Sayyidul Ulama Al-Hijaz

Konfrontasi Politik dalam Pembebasan Irian Barat

Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai