Orang Terkaya Sepanjang Sejarah



Dialah Mansa Musa (Mansa: Raja) yang merupakan Mansa kesepuluh yang memimpin Kekaisaran Mali. Ia juga sering disebut sebagai Kankao Musa, Kankan Musa, dan Musa Kanku. Dia begitu terkenal di wilayah Afrika karena kekayaannya dan kemurahan hatinya. Musa menguasai daerah penghasil emas di Senegal dan Boure. Dengan potensi emas yang begitu besar kekayaan Mansa Musa mencapai Rp 4000 triliun



Mansa Musa menggrarab wilayahnya dengan sektor perdagangan, industri, dan pertanian. Kontrol wilayah dari rute perdagangan menjadi salah satu kontribusi terbesar pemasukan kekaisaran ini. Emas dan garam merupakan produk unngulan yang ada pada rute ini.

Musa yang seorang muslim memegang teguh perintah Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan keinginan Musa untuk naik Haji. Keberangkatan Hajinya mencakup 60.000 orang, 12.000 pelayan, dan kuda-kuda yang berjalan beriringan.Musa juga membawa 300 pon benda-benda yang terbuat dari emas. Emas itu dibagikannya kepada orang-orang miskin yang ditemuinya ketika di perjalanan. Ia juga diceritakan selalu membangun masjid ketika hari Jum'at. Ketika pulang dari perjalannya ia juga membawa beberapa arsitek dan sarjana Arab.

Musa yang begitu peduli dengan dunia pendidikan membangun beberapa pusat pembelajaran. Ia mendirikan beberapa masjid, madrasah, dan universitas. Pada masanya Universitas SAnkore dan Madrasah Sankore menjadi rujukan pusat belajar kuno. Di universitas ini, banyak lulusan-lulusan yang berhasil menjadi ahli hukum, cendekiawan, matematikawan, dan astronom.

Kematian Mansa Musa juga masih diperdebatkan. Beberapa program yang ia tinggalkan berhasil menyebabkan ekspansi intelektual. Peninggalan yang paling menonjol darinya ialah berupa inflasi ekonomi di wilayah Mediteranan ketika perjalan hajinya. Juga mungkin memberikan pengaruh pada ranaissance Italia

Comments

  1. 10 Richest People of All Time , More Than Bill Gates Wealth
    http://www.suksestoto.com/

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Syekh Nawawi Al-Bantani yang Berjuluk Sayyidul Ulama Al-Hijaz

Konfrontasi Politik dalam Pembebasan Irian Barat

Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai