Kasparov Melawan Karpov, Deep Blue, sampai Deep Junior




Garry Kasparov merupakan seorang grandmaster pecatur dunia. Ia menyandang pecatur dengan ELO Rating tertinggi dengan nilai 2804. Bahkan Kasparov pada tahun 1991 pernah mencapai nilai 2851 pada ELO Rating.

Lahir dengan nama Gari Weinstein di Azerbaijan, Kasparov merupakan keturunan Armenia-Yahudi dari orang tuanya. Ketika ayahnya meninggal, Kasparov mulai menggunakan nama keluarga ibunya. Ibunya yang bernama Klara mempunyai nama keluarga Kasparian, oleh orang-orang Rusia dialek tersebut menjadi Kasparov.

Debut Kaparov dimulai ketika menantang juara dunia saat itu, Anatoly Karpov pada tahun 1984. Dalam duel kontroversial sepanjang sejarah tersebut, Kasparov sempat tertinggal jauh, 5-0. Namun, Kasparov berhasil menunjukkan kelasnya ketika setelah mendekati ketertinggalan menjadi 5-3. Dalam keadaan masih tertinggal, tiba-tiba ketua FIDE menghentikan pertandingan. Alasannya dikarenakan stamina kedua pemain telah sangat menurun. Karpov pun sempat mendapat perawatan di rumah sakit. Untuk kelanjutan pertandingan akan dilaksanakan beberapa bulan kemudian.

Pertandingan kedua dilaksanakan pada 1985, dimana terdapat standar baru. Dalam pertandingan ini, Kasparov berhasil memenangkan pertandingan bersejarah ini. Dengan kemenangan ini, Kaparov dinobatkan sebagai juara catur termuda di dunia ketika baru berusia 22 tahun.

Kasparov juga tercatat pernah bertanding beberapa kali dengan komputer. Tercatat, Kasparov pernah betanding dengan Komputer Deep Blue pada tahun 1996 dan 1997. Pada pertandingan pertama, Kasparov berhasil mengalahkan Deep Blue dengan hasil 4-2. Seahun kemudian ketika Deep Blue sudah dimutakhirkan, Kasparov berhasil takluk dengan 3,5 – 2,5.



Pada Januari 2003, dalam pertandingan yang bertajuk “Man vs Machine”, Kasparov melakukan pertandingan 6 babak melawan komputer Deep Junior. Pertandingan ini memperebutkan hadiah $ 1 juta . Komputer Deep Junior mempunyai kemampuan mengkalkulasi langkah hingga 3 juta posisi per detik. Dalam jalannya pertandingan, Kasparov hanya mendapatkan 3 kali seri dan 1 kali menang yang mengakibatkan ia meminta draw kepada Deep Junior. Permintaan pun langsung diterima oleh Deep Junior. Kasparov berdalih bahwa ia melakukan kesalahan pada permainannya sehingga ia memilih menawarkan draw. Tahun 2003, Kasparov kembali bertanding dengan program X3D Fritz dengan menggunakan papan virtual, kacamata 3D, dan sistem pengenalan suara. Pertandingan ini berakhir dengan kemenangan Kasparov dengan perolehan 1 kali kalah, 2 kali seri, dan 2 kali menang.

Sumber: Wikipedia

Comments

  1. menarik jika ada pertandingan karpov vs fischer

    ReplyDelete
  2. artikel menarik, komentar juga ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Syekh Nawawi Al-Bantani yang Berjuluk Sayyidul Ulama Al-Hijaz

Konfrontasi Politik dalam Pembebasan Irian Barat

Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai