Misteri Situs Por Bajin


Berada di tengah danau wilayah Siberia terdapat sebuah pulau kecil. Sebuah pulau kecil dan terpencil menjadi pemandangan misterius dan membingunkan. Pulau ini dikenal dengan sebutan Por Bazhyn ataujuga Por Bajin

Situs ini masih misterius dan membingungkan banyak kalangan. Situs ini juga pernah dikunjungi oleh Vladimir Putin, yang ketika itu masih menjabat sebagai Perdana Menteri dan Raja Monaco, Albert II.


Situs ini berlokasi di antara dua wilayah Siberia, Sayan dan Altai. Situs ini dipenuhi bagunan-bangunan kuno yang masih tidak bisa dijelaskan siapa yang membuatnya juga tujuan pembuatannya. Walaupun cenderung terlihat seperti benteng yang menjulang tinggi dengan sususan yang rapi, kita akan lebih terkejut jika melihatnya lebih dekat lagi.

Spekulasi para ahli mengatakan bahwa situs ini merupakan istana musim panas yang berusia 1.300 tahun. Namun, spekulasi tersebut belum bisa dibuktikan dengan bukti-bukti yang ada.

Sebenarnya situs ini sudah diekplorasi sejak tahun 1891. Namun baru muncul ke permukaan tahun 2007 yang lalu.

Para ahli melihat beberapa pengaruh Tiongkok pada situs ini. Ini dibuktikan dengan adanya penggunaan genteng tertentu juga berupa cara pembangunan bangunan yang berkiblat ke peradaban China Kuno.

“Nampaknya Por Bajin dibangun pada periode Uighur Khaganate (744-840 Masehi). Namun, belum jelas apa tujuan mereka membangun benteng di tempat terpencil yang jauh dari pemukiman besar atau pun rute perdagangan. ujar The Por-Bajin Cultural Foundation.

Yang masih menjadi pertanyaan ialah mengapa situs ini ditinggalkan begitu saja. Situs yang terletak di tengah danau ini, menyisakan beberapa misteri-misteri peradaban bagi dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Syekh Nawawi Al-Bantani yang Berjuluk Sayyidul Ulama Al-Hijaz

Konfrontasi Politik dalam Pembebasan Irian Barat

Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai