Koesno Sosrodihardjo sampai Achmed Soekarno


Koesno merupakan nama kecil dari Ir. Soekarno. Nama Koesno akhirnya diubah oleh ayahnya karena Soekarno kecil sering sakit

Nama Soekarno berasal dari dua kata yaitu, Su dan Karna. Su memiliki arti baik, sedangkan nama Karna diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bhatara Yudha. Nama Karna kemudian diubah menjadi Karno karena dalam bahasa Jawa huruf 'a' diubah menjadi 'o'.


Soekarno juga juga punya nama lain di negara barat. Nama Soekarno tidak jarang ditulis dengan tambahan Achmed didepan kata Soekarno.

Hal ini terjadi ketika kunjungan pertama kali Soekarno ke Amerika Serikat. Saat itu wartawan bertanya, "Siapa nama kecil Soekarno?". Karena para wartawan tidak mengerti kebiasaan masyarakat Indonesia yang sering menggukan satu kata dalam namanya.

Hingga akhirnya Soekarno mengatakan penamaan Achmed didapatkannya ketika selesai menunaikan ibadah haji.

Dalam versi lain, dikatakan bahwa penambahan kata Achmed dilakukan oleh diplomat Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan dari bangsa-bangsa Arab.

Namun Soekarno sendiri mengatakan di dalam bukunya "Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia" bahwa namanya hanya terdiri dari satu kata saja yaitu, Soekarno.

Comments

Popular posts from this blog

Syekh Nawawi Al-Bantani yang Berjuluk Sayyidul Ulama Al-Hijaz

Konfrontasi Politik dalam Pembebasan Irian Barat

Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai