Kenangan Maine Road bagi Oasis dan Manchester United




Tepat pada April 1996, di kota Manchester, bergemuruh Stadion Maine Road yang mempertunjukan band kenamaan dari Inggris, yaitu Oasis. Stadion Maine Road merupakan stadion yang pernah dipakai sebagai kandang Manchester City . Konser yang berlangsung pada tanggal 27 dan 28 April tersebut dapat menyedot penonton sebanyak 80.000 penonton. Dalam konser yang disebut “Konser Pulang Kampung” tersebut menjadikan Oasis sebagai band yang cukup terbilang sukses walau baru seumur jagung.



Namun, konser Oasis bukanlah salah satu perhelatan yang berhasil membuat Maine Road sesak penuh. Maine Road pernah menampung lebih besar penonton pada perhelatan Football League yang mempertemukan Manchester United dan Arsenal pada 17 Januari 1948.

Manchester United terpaksa memakai Maine Road yang merupakan kandang Manchester City karena markas mereka, Old Trafford dibom tentara Jerman. Dibomnya Old Trafford tepat ketika berlangsungya Perang Dunia II. Old Trafford ketika itu mengalami kerusakan parah dan terpaksa menyewa Maine Road sebagai kandang mereka.

Maine Road menjadi kandang bagi Manchester United untuk tiga musim. Selama periode tersebut, MU terpaksa membayar biaya sewa sebesar 5000 Pound per musim dan ditambah dengan pergantian gerbang ketika MU bermain. Justru di Stadion Maine Road inlah, MU berhasil mencatatkan rekor penonton tertingginya. Ketika itu, Manchester United menjamu Arsenal dalam pertandingan Football League di Stadion Maine Road. Stadion penuh dengan menampung 83.260 penonton. Ini lebih banyak dari penonton konser Oasis yang berhasil menyedot 80.000 penonton.

Pertandingan tersebut berakhir imbang untuk kedua tim dengan skor 1-1. Di akhir kompetisi, Arsenal berhasil mengunci gelar juara dan MU berada di posisi dua. Tapi, Maine Road sekarang hanya tinggal cerita. Manajemen Manchester City memutuskan merubah stadion pada tahun 2004. Segala cerita tentang Manchester City, Manchester United, dan Oasis juga tinggal menjadi cerita.

Sumber: Panditfootball

Comments

Popular posts from this blog

Syekh Nawawi Al-Bantani yang Berjuluk Sayyidul Ulama Al-Hijaz

Konfrontasi Politik dalam Pembebasan Irian Barat

Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai