Datu Abdussamad, Ulama dari Tanah Bakumpai
Syekh Abdussamad Al Banjari merupakan ulama yang lahir di
Marabahan pada tanggal 24 Dzulkaidah 1237 H. Beliau merupakan keturunan Syekh
Muhammad Arsyad Al Banjari dengan silsilah Syekh Abdussamad bin Mufti
Jamaluddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Sementara itu ibu beliau
bernama Samayah binti Sumandi. Karena lahir di Marabahan beliau juga masyur
dikenal oleh masyarakat dengan panggilan Datu Abdussamad Bakumpai atau Datu
Bakumpai.
Saat usia beliau menginjak remaja Datu Abdussamad dibawah
oleh orang tua beliau ke Martapura untuk menuntut ilmu agama. Di Martapura
beliau berguru kepada beberapa ulama yang diantaranya ayah beliau sendiri dan
juga paman-pamannya. Selang beberapa tahun menuntut ilmu agama di Martapura,
Datu Abdussamad diperintahkan oleh ayahnya untuk pulang ke Marabahan dan
mengajar kepada masyarakat setempat.
Tidak lama setelah sampai di Marabahan Datu Abdussamad
menikahi wanita bernama Siti Adawiyah binti Duris yang berasal dari keluarga
taat beragama. Dari pernikahan ini beliau dianugerahi tiga orang anak dan satu
perempuan. Mereka bernama Zainal Abidin, Abdurrazak, Abu Thalhah, dan Siti
Aisyah.
Untuk menghidupi keluarganya Datu Abdussamad berdagang
kepada masyarakat sekitar sambil tetap mengajarkan ilmu-ilmu agama. Interaksi
beliau kepada masyarakat sambil berdakwah membuat beliau dikenal sebagai
seorang yang bijak di tengah masyarakat. Sebagian besar keuntungan dari
berdagang tersebut ditabung oleh Datu Abdussamad dengan niat untuk menuntut
ilmu ke tanah suci Mekkah.
Niat ini akhirnya terpenuhi, Datu Abdsussamad dan anak
beliau yang bernama Abdurrazak pergi ke Mekkah. Sampai di Mekkah beliau
menyempatkan untuk menunaikan rukun Islam kelima yaitu naik haji. Secara tidak
sengaja Datu Abdussamad bertemu dengan kepnakan beliau yang bernama Syekh
Jamaluddin bin Abdul Hamid Kusasi (Tuan Surgi Mufti) ketika menuntut ilmu di
sana. Syekh Jamaluddin merupakan ulama yang juga keturunan Syekh Muhammad
Arsyad Al Banjari. Di Mekkah Syekh Jamaluddin lebih dulu tinggal daripada Datu
Abdussamad selama 21 tahun.
Mengetahui keponakannya juga menuntut ilmu di sini Syekh
Jamaluddin memberikan motivasi kepada
Datu Abdusamad agar jangan tanggung-tanggung menuntut ilmu. Haruslah diwarisi
semangat Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari yang berpuluh-puluh tahun menuntut
ilmu sebelum akhirnya pulang ke kampung halaman. Motivasi ini sangat menggugah
hati Datu Abdussamad beliau pun berjanji akan sekuat tenaga menuntut ilmu agama
di sini.
Datu Abdussamad berusaha keras untuk menguasai berbagai
cabang ilmu agama, terutama di bidang syari’at dan ma’rifat. Beliau berguru
kepada ulama-ulama terkenal pada masa itu. Diantara guru beliau adalah Syekh
Sulaiman bin Muhammad Sumbawa yang merupakan murid dari Mufti Besar Syekh
Muhammad Saleh Rais Asy-Syafii. Dari
Syekh Sulaiman bin Muhammad Sumbawa ini Datu Abdussamad diberikan ijazah
tarekat Syadziliyah.
Datu Abdussamad juga berguru kepada Syekh Sulaiman Al Zuhdi
An Naqsyabandi dan Syekh Ahmad Khatib as-Sambasi. Keinginan Datu Abdussamad
untuk menuntut ilmu masih membara namun beliau diminta untuk kembali ke kampung
halamannya. Terhitung beliau menuntut
ilmu di Mekkah selama 8-9 tahun.
Beliau menyempatkan diri untuk menemui Syekh Jamaluddin
untuk pamit pulang dari Mekkah. Syekh Jamaluddin terkejut atas keputusan Datu
Abdussamad tersebut. “Bagaimana ini
paman? Baru beberapa tahun menuntut ilmu sudah mau pulang? Saya sudah 30 tahun
di sini, masih merasa belum cukup ilmu yang dimiliki, dan belum apa-apa. Karena
itulah tidak pernah terpikir untuk berniat pulang ke tanah air.” kata Syekh
Jamaluddin.
Datu Abdusamad menjelaskan bahwa keputusannya untuk kembali
ke kampung halaman merupakan perintah dari guru beliau. Terjadi dialog panjang
antara dua ulama keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari ini. Mereka
berdialog tentang berbagai macam ilmu pengetahuan sekaligus bermudzakarah.
Dialog tidak hanya mencakup ilmu lahiriyah seperti syariah saja juga meliputi
ilmu hakikat dan ma’rifat.
Sampai ketika Datu Abdussamad membuktikan bahwa beliau telah
mampu menghimpun ilmu syariat dan ma’rifat. Ketika itu Datu Abdussamad
mendirikan shalat sunat dua rakaat. Belum selesai satu rakaat beliau lenyap
dari pandangan yang disaksikan oleh Syekh Jamaluddin. Beliau menengok kesana
kemari untuk mencari Datu Abdussamad namun tidak ditemui oleh beliau.
Jasad Datu Abdussamad kembali terlihat persis sebelum salam
terakhir dalam shalat sunat tersebut. Melihat kejadian ini Syekh Jamaluddin
sontak berkata, “Pulanglah paman ke
negeri Banjar, saya belum sanggup mencapai apa yang telah paman miliki
sekarang. Dan saya tidak akan pulang ke tanah Jawi sebelum memperoleh apa yang
telah dicapai paman.” Konon dikisahkan bahwa Syekh Jamaluddin ini menuntut
ilmu selama kurang lebih 40 tahun di Mekkah.
Sampai di kampung halamannya, Datu Abdussamad mulai mengajar
kepada masyarakat sekitar. Rumah beliau ramai didatangi oleh para penuntut
ilmu. Setiap kali bulan Ramadhan tiba beliau sering didatangi oleh para alim
ulama dari Martapura, Banjarmasin, Hulu Sungai dan daerah lainnya untuk
dibimbing secara langsung oleh beliau dalam ilmu tarekat. Tempat latihan rohani
yang kerap dipakai ini berupa balai yang selalu digunakan pada setiap haul
beliau.
Dakwah beliau juga menyentuh daerah udik anak Sungai Barito.
Atas dakwah Datu Abdussamad inilah banyak masyarakat Dayak di pedalaman memeluk
Islam. Perjuangan dakwah beliau akhirnya terhenti pada 13 Shafar 1317 H, beliau
wafat dihadapan sanak famili. Ketika itu juga hadir Al Alimul Fadhil Abbas dari
Kandangan dan Al Alimul Fadhil Hadar dari Kelua.
Datu Abdussamad dimakamkan di tempat yang sering beliau gunkan
untuk mengajar dan membimbing masyarakat sekitar. Di tempat ini juga Datu
Abdussamad membimbing para muridnya yang berkhalwat bersama beliau.
Sumber: Ulama Banjar Dari Masa ke Masa terbitan
Antasari Press
Comments
Post a Comment